6 Tempat Wisata Kuliner Saat Berwisata Dengan Layanan Sewa Mobil Solo

Posted on Posted in Wisata Solo

Saat berencana untuk berwisata ke kota Solo, tidak hanya tempat-tempat wisata alam, sejarah dan budaya saja yang bisa kunjungi dengan menggunakan layanan sewa mobil Solo. Anda dan keluarga juga bisa menikmati aneka kuliner khas Solo di beberapa tempat. Untuk membantu menentukan pilihan, berikut ini referensi tempat-tempat wisata kuliner yang bisa dikunjungi saat berada di Kota Solo.

  1. Warung Ndeso Resto atau Warung Pecel Solo

Warung pecel yang satu ini berbeda dengan warung pecel pada umumnya. Begitu menginjakkan kaki di warung ini, pengunjung akan mendapati suasana khas tradisional dengan kehadiran gebyog kayu yang terbuat dari jati kuno. Berbagai menu yang menggugah selera terhampar pada sebuah meja besar dengan penerangan berupa lampu minyak. Sajian ini dilengkapi pula dengan perlengkapan makan tradisional seperti kendi, daun pisang dan botol-botol kuno.

Di warung ini tak hanya menyajikan menu berupa pecel, warung ini juga menyediakan makanan-makanan tradisional lainnya seperti nasi liwet, ketan juruh, cambuk rambak, jenang grontol, brongkos solo, dan beberapa menu sejenis lainnya. Warung pecel Solo yang terletak di Jalan Dr. Soepomo No. 55, Solo ini menjadi tempat makan favorit bagi sejumlah artis dan tokoh yang singgah di Kota Solo. Warung ini buka setiap hari dari pukul 07.00 pagi hingga jam 4 sore.

Resto Ndeso

  1. Srabi Notosuman

Makanan yang satu ini cocok dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh. Di akhir perjalanan berwisata di Kota Solo dengan menggunakan layanan jasa sewa mobil Solo, Anda bisa mampir ke gerai Srabi Notosuman yang terdapat di Jalan Mohammad Yamin No. 28, Solo. Srabi adalah makanan yang dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan lalu dimasak dalam cetakan-cetakan kecil di atas tungku tradisional. Srabi Notosuman Solo tidak hanya memiliki rasa yang gurih saja tetapi tersedia pula varian rasa coklat yang manis.

Srabi notosuman

  1. Warung Selat Mba Lies

Selat Solo merupakan salah satu kuliner khas Solo yang tak boleh terlewatkan saat berwisata ke kota ini. Makanan yang lezat ini terdiri dari potongan sayur-sayuran seperti potongan buncis, wortel, acar mentimun, daun selada, kentang goreng dan irisan bawang merah. Selain potongan sayuran, pada menu ini juga ditambahkan daging sapi yang diolah menjadi semur, telur rebus, gelatin, mustard lalu dilengkapi pula dengan kuah yang gurih.

Berbeda dengan warung selat lainnya, warung selat Mba Lies yang terletak di Gang II No. 42 Serengan ini didekorasi dengan menarik. Pengunjung akan terpesona dengan berbagai ornamen unik berupa guci, lukisan, piring-piring sebagai hiasan dinding hingga meja dan kursi dari keramik.

selatsolo05

  1. Nasi Liwet Wongso Lemu

Belum lengkap rasanya jika mengunjungi Kota Solo namun tidak mencicipi nasi liwet. Salah satu menu nasi liwet yang direkomendasikan bagi para wisatawan adalah menu nasi liwet di warung Nasi Liwet Wongso Lemu. Warung ini bisa ditemukan di Jalan Teuku Umar, Keprabon dan sudah berdiri sejak tahun 1950-an.

Nasi liwet ini berupa sajian nasi gurih yang dilengkapi dengan telur rebus, areh, suwiran ayam dan sayur labu. Sebaiknya berkunjunglah ke warung ini di sore hari atau di malam hari sebab warung ini mulai bukan pada pukul 4 sore sampai lewat tengah malam.

Nasi Liwet

  1. Warung Tengkleng Bu Edi

Tengkleng bisa menjadi pilihan menu di siang hari. Tengkleng merupakan menu istimewa yang terdiri dari olahan jeroan kambing dan tulang-tulangnya. Bahan-bahan ini diolah dengan rempah-rempah hingga menghasilkan rasa yang gurih dan sedikit pedas. Salah satu menu tengkleng yang cukup populer adalah menu tengkleng di warung Bu Edi.

Warung Bu Edi ini terletak di sebelah utara gapura Pasar Klewer. Warung ini buka di siang hari yakni mulai jam 2 siang. Warung tengkleng ini sangat cocok menjadi tujuan tempat makan sesuai berbelanja batik di Pasar Klewer.

Tengkleng solo

  1. Tahu Kupat

Saat berkeliling Kota Solo, Anda akan mendapati ada cukup banyak warung tahu kupat. Hidangan ini terdiri dari tahu yang digoreng, ketupat, kol, mie kuning dan tauge lalu diguyur dengan kuah kecap serta taburan bawang goreng dan seledri. Salah satu warung tahu kupat yang direkomendasikan adalah Warung Sari Pak Brewok yang terletak di Jalan RM. Said. Warung ini buka sejak pagi hingga sore hari.

tahu-kupat

Nah, itulah beberapa tempat wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi ketika berwisata ke Kota Solo dengan menggunakan layanan sewa mobil Solo. Tempat-tempat kuliner tersebut bisa menjadi tempat beristirahat sekaligus menikmati kuliner khas Solo yang lezat.

FacebookTwitterWhatsAppLine