Referensi 5 Spot Wisata Belanja Batik di Kota Solo Bersama Sewa Mobil Solo

Posted on Posted in Wisata Solo

Spot wisata belanja menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berwisata ke suatu kota. Di spot wisata belanja, Anda bisa memperoleh souvenir untuk buah tangan dan juga mendapatkan produk-produk asli dari daerah tersebut. Nah, saat berwisata ke Kota Solo dengan sewa mobil Solo, Anda pun wajib mengunjungi spot wisata belanja di Kota ini. Kota Solo yang dikenal dengan batiknya memiliki beberapa spot wisata belanja batik. Berikut ini spot-spot wisata belanja batik di Kota Solo.

  1. Pasar Klewer

Pasar Klewer begitu identik dengan Kota Solo. Sampai-sampai banyak orang tidak mengetahui bahwa kota ini sesungguhnya memiliki beberapa spot wisata belanja batik selain Pasar Klewer. Pasar Klewer sendiri sesungguhnya tak hanya menyediakan batik tetapi berbagai kebutuhan tekstil lainnya. Pasar ini letaknya bersebelahan dengan Keraton Surakarta sehingga sehabis mengunjungi Keraton, Anda bisa langsung mampir ke pasar ini.

Pasar Klewer tidak hanya menjadi rujukan belanja batik bagi para pelancong tetapi juga bagi para pedagang dari berbagai daerah. Karena itu jika Anda ingin berwisata sekaligus ingin berbisnis batik, maka Pasar Klewer menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Di Pasar Klewer ini, Ada bisa mendapat beragam jenis batik mulai dari batik tulis Solo, batik cap, batik puteri Solo, batik pantai Keraton Solo, batik antik Keraton, batik Yogyakarta, batik Madura, batik Betawi, batik banyumas dan berbagai jenis kain batik lainnya.

Tak hanya bisa mendapatkan kain batik dalam bentuk lembaran, para pengunjung pasar ini juga bisa mendapatkan produk-produk jadi berbahan batik seperti baju, seprei, sarung bantal, hingga berbagai aksesoris dari batik. Selain segala sesuatu yang berkaitan dengan kain batik, Pasar Klewer juga menyediakan pakaian non batik untuk beragam keperluan.

 Klewer

  1. Kampung Batik Kauman

Berbeda dengan Pasar Klewer yang menjual berbagai jenis batik, Kampung Batik Kauman ini menawarkan produk batik yang khas dan menjadi unggulan di kampung ini yakni batik tulis bermotif pakem yang dipengaruhi seni batik dari Keraton Kasunanan. Seni batik di kampung ini terdiri dari tiga bentuk yakni batik murni cap, batik klasik motif pakem atau batik tulis dan batik perpaduan antara batik tulis dan batik cap.

Di Kampung Batik Kauman ini tak kurang dari 30-an pengrajin batik yang berkembang dan berkarya sampai saat ini. Tak hanya bisa membeli kain batik saja, para pelancong juga bisa melihat langsung kegiatan membatik. Suasana di kampung ini pun sangat kental dengan nuansa sejarah dengan bangunan-bangunan rumah joglo, limasan, arsitektur Jawa dan arsitektur kolonial yang masih begitu kental.

kauman

  1. Kampung Batik Laweyan

Satu lagi spot wisata belanja batik berupa kampung yang wajib dikunjungi bersama sewa mobil Solo adalah Kampung Batik Laweyan. Nama Laweyan sendiri berasal dari kata Lawe. Lawe mengandung makna serat-serat kapas halus yang digunakan untuk pembuatan kain mori yang menjadi bahan kain pada pembuatan batik. Di kampung ini, Anda bisa mendapatkan batik mulai dari harga 50-an ribu hingga ratusan ribu dan batik dari bahan kain mori hingga batik berbahan kain sutera yang eksklusif.

Seperti halnya di Kampung Batik Kauman, di Kampung Batik Laweyan ini para pelancong tak hanya bisa membeli batik saja tetapi juga bisa melihat proses pembuatan batik hingga belajar membatik. Suasananya pun sangat khas berupa bangunan-bangunan kuno, lorong-lorong dan tembok-tembok yang tinggi.

Laweyan

  1. Lumbung Batik Solo

Lumbung Batik Solo atau lengkapnya Lumbung Batik Pamong Pengusaha Batik Surakarta (PPBS) tergolong sebagai tempat berbelanja batik yang baru saja berdiri. Tempat ini berdiri tahun 2010 namun telah menjadi tujuan favorit berbelanja batik. Lumbung Batik Solo menjadi tempat bagi berkumpulnya tak kurang dari 43 produsen batik di Kota Solo.

Lumbung Batik Solo ini terdapat di Jalan Agus Salim No. 17, Solo dan menempati bangunan tua serta bersejarah di Kawasan Laweyan. Lumbung Batik Solo menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin berbelanja batik dengan lebih nyaman tanpa berdesak-desakan dan tanpa perlu naik turun tangga.

Lumbungbatik

  1. Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo atau PGS menempati gedung bertingkat yang moderen sehingga memberikan suasana belanja batik yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan di Pasar Klewer maupun di kampung-kampung batik. Gedung yang terdiri dari lima lantai ini dilengkapi dengan escalator dan lift sehingga membuat para pelancong merasa nyaman.

Pusat Grosir Solo ini terletak di Jalan Mayor Sunaryo No. 1 Gladag, Solo atau berada begitu dekat dengan Keraton Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan. Sedangkan mengenai harga, meskipun aneka batik dipasarkan dalam sebuah gedung yang modern namun harga-harganya sangat bersaing dan masih diperbolehkan pula untuk melakukan tawar menawar harga.

PGS

Nah, itulah 5 spot wisata belanja batik yang bisa Anda kunjungi bersama sewa mobil Solo saat berkunjung ke Kota Solo. Referensi spot wisata belanja ini akan membantu Anda memilih tempat yang paling nyaman untuk berbelanja batik sebagai oleh-oleh ataupun untuk koleksi sendiri.

FacebookTwitterWhatsAppLine